Connect with us

SULAWESI

Gubernur Sumsel Minta “Rest Area” Tol Dimanfaatkan Penjualan UMKM

Published

on

Ruas tol Trans Sumatera.

Ekbis.co.id, Palembang – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meminta agar usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dapat didorong untuk memanfaatkan rest area di ruas tol Muaraenim – Indralaya dan Lubuklinggau.

“Tol tersebut tempat peristirahatannya nantinya dimanfaatkan untuk penjualan produk kerajinan daerah”, kata Gubernur Sumsel di Palembang, Minggu (14/4/2019).

Apalagi, menurut dia, kerajinan khas daerah ini cukup banyak sehingga perlu lebih besar lagi untuk dipromosikan.

Bukan itu saja, lanjutnya, tol tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan makanan khas daerah.

Hal ini, ujar Gubernur, karena Sumsel termasuk Muaraenim banyak kuliner yang enak dan lezat.

Oleh karena itu, tempat peristirahatan tol yang menghubungkan Indralaya, Ogan Ilir dan Muaraenim serta Lubuklinggau itu harus dimanfaatkan untuk perekonomian masyarakat.

Gubernur mengatakan, dengan adanya ruas jalan tol ini merupakan hadiah pemerintah untuk Sumatera Selatan karena Presiden Joko Widodo menjadikan Sumsel sebagai lokasi proyek strategis nasional.

Untuk pembangunan jalan tol itu bukan hal yang sederhana karena cukup banyak kesiapan yang dilakukan, bahkan penganggarannya cukup panjang dan berbelit.

Proyek ini sebentar lagi mulai dikerjakan tetapi ingin cepat atau lambat tergantung dari masyarakat Muaraenim terutama masalah pembebasan lahan, kata dia.

Sebelumnya Menteri PU dan Perumahan Rakyat M Basuki Hadimuljono mengatakan, meskipun jalan tol ini merupakan proyek strategis nasional namun hal ini sebagai upaya mendukung kesejahteraan masyarakat.

Sementara mengenai penetapan lokasi jalan tol sendiri, menteri minta agar Pemerintah Daerah setempat dapat memberikan masukan supaya dapat menghubungkan ruas jalan dengan kawasan industri.

“Tidak ada gunanya tol itu dilalui saja tetapi harus bermanfaat untuk perekonomian. Salah satunya dengan menghubungkan jalan tol dengan kawasan industri,” katanya.


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

SULAWESI

PT IKI Gandeng Universitas Hasanuddin Buat Kapal Feri

Published

on

Direktur Utama PT IKI, Edy Widarto.

Ekbis.co.id, Makassar – PT Industri Kapal Indonesia (IKI) dan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) berkolaborasi menciptakan dan membuat kapal feri untuk digunakan sebagai angkutan laut masyarakat Kepulauan Selayar.

Direktur Utama PT IKI Edy Widarto di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/4/2019), mengatakan proses kerja sama pembuatan kapal feri untuk Kabupaten Kepulauan Selayar akan dimulai pada tahun ini.

“Fakultas Teknik Unhas akan mendesign dan menjadi konsultannya. Sementara kami dari PT IKI yang akan menyelesaikan pembuatan kapal tersebut,” katanya.

Ia menjelaskan awal dari lahirnya kerja sama ini juga tidak terlepas dari pertemuan pihaknya bersama Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah pada peringatan hari jadi Kabupaten Kepulauan Selayar tahun lalu.

Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki banyak pulau dan kecamatan yang membutuhkan alat transportasi umum antar kecamatan.

“Pada acara hari jadi Kabupaten Kepulauan Selayar kemarin itu, Pak Gubernur juga hadir dan melihat kondisi Selayar yang memiliki banyak pulau kecamatan,” ujarnya.

Dekan Fakultas Teknik Unhas Muhammad Arsyad mengatakan pihaknya memang sejak awal sudah memiliki beberapa rencana kerja sama dengan PT IKI Makassar.

Selain pembuatan kapal feri di Kepulauan Selayar, dirinya juga memiliki rencana untuk membuat kapal nelayan. (abd)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SULAWESI

Duta Bandara 2019 Siap Promosikan Pariwisata-Budaya Indonesia

Published

on

Ajang Duta Bandara 2019 ini diikuti oleh 207 pendaftar.

Ekbis.co.id, Makassar – Duta Bandara 2019 yang baru terpilih Nyoman Trya Wahyudha dan Komang Ayu Sintya Dewi siap mempromosikan pariwisata serta budaya Indonesia setelah mereka keluar sebagai pemenang dalam ajang ini.

“Salah satu tugas dari Duta Bandara yakni membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia,” ujar Komang Ayu Sintya Dewi di Makassar, Senin (15/4/2019).

Ia mengatakan program pemerintah dalam mengembangkan potensi pariwisata serta budaya Indonesia menjadi bagian prioritas dari dirinya sebagai duta bandara.

“Duta Bandara dibentuk untuk membantu pemerintah dan khususnya PT Angkasa Pura dalam meningkatkan pelayanan bandara. Tugas lainnya membantu promosi daerah masing-masing,” ujarnya.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy Suradji dalam kegiatan Grand Final dan Inaugurasi itu, ia berharap para Duta Bandara 2019 terpilih dapat mengembangkan dan mengaktualisasikan diri, serta berkontribusi terhadap promosi serta mengedukasi mengenai peraturan dan layanan yang ada di bandara.

“Selamat kepada para pemenang Duta Bandara 2019 dan seluruh peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam ajang ini,” ujarnya.

Devy Suradji mengatakan pada ajang itu, dua dari 48 finalis Duta Bandara yang keluar sebagai pemenang yakni Nyoman Trya Wahyudha dan Komang Ayu Sintya Dewi dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebagai Duta Bandara Terbaik 2019.

Sedangkan Duta Bandara Fotogenik berhasil dimenangkan oleh Faris Bimananta Saputra yang mewakili Bandara Adisutjipto Yogyakarta dan Nor Rizqi Fadhila dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Duta Bandara Favorit yang dimenangkan oleh Badik Choirudin dari Bandara Juanda Surabaya dengan total vote sebanyak 1.454 votes dan Ni Komang Sri Maya Dian wakil dari Bandara Lombok Praya dengan total vote sebanyak 2. 301 vote.

Menurut Devy, 48 finalis Duta Bandara ini nantinya juga akan mempromosikan pariwisata daerahnya masing-masing melalui berbagai kegiatan, baik itu thematic event terkait pariwisata, tourist information center di tiap bandara, serta kegiatan pariwisata lainnya.

“Sebanyak 48 Duta Bandara 2019 ini akan ditempatkan di 13 bandara Angkasa Pura I. Diharapkan mereka bisa turut meningkatkan citra perusahaan melalui berbagai kegiatan promosi layanan bandara, pariwisata, dan kebudayaan daerah,” imbuh Devy.

Ajang Duta Bandara 2019 ini diikuti oleh 207 pendaftar. Proses pendaftaran dan seleksi finalis dilakukan di 13 kantor cabang Angkasa Pura I sejak awal Februari hingga akhir Maret 2019. Setelah melalui dua tahap seleksi, tersaring 48 finalis yang masuk sesi grand final yang digelar di Makassar.

Sebelum menjalani babak grand final, peserta menjalani masa karantina 3 hari. Selama karantina, para finalis diberikan materi mengenai kebandarudaraan, airport services and hospitality, pariwisata dan budaya, kepedulian sosial, pengetahuan tentang narkoba, corporate brand image, catwalk and body language, pembuatan konten media sosial, teknik komunikasi, beauty class, dan peran duta bandara.

Bertindak sebagai juri pada grand final Duta Bandara 2019 antara lain yaitu Mega Angkasa (Praktisi Komunikasi Korporat), Ratu Novira Duaty (eks model dan praktisi industri fesyen), Yudhaprana Sugarda (Airport Service & Hospitality Angkasa Pura I), Anggresia F Tampubolon (CRM & Hospitality Senior Manager Angkasa Pura I) dan M. Tekken (Kabid Seni dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan). (muh)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SULAWESI

Sulteng Expo 2019 Ditutup, Hidayat : Semoga Jadi Pintu Masuk Investasi

Published

on

Sekdaprov Sulteng Hidayat Lamakarate memberikakln sambutan dalam acara penutupan Sulteng Expo 2019 di Sirkuit Panggona Eks STQ Kota Palu, Sabtu malam (13/4/2019).

Ekbis.co.id, Palu – Sulteng Expo 2019 dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Sulawesi Tengah resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah (Sekdaprov) Sulteng Moh. Hidayat Lamakarate, Sabtu malam (13/42019).

“Saya harap Sulteng Expo 2019 jadi gerbang masuknya aliran investasi yang signifikan dan mampu menumbuhkan perekonomian di Sulawesi Tengah,”ujar Hidayat mewakili Gubernur Sulteng Longki Djanggola dalam acara yang berlangsung di Sirkuit Panggona eks STQ Kota Palu itu.

Menurutnya, investasi masih menjadi tonggak utama pertumbuhan perekonomian di Sulteng terlebih pasca bencana yang meluluhlantahkan Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala dan Parigi Moutong pada 28 September 2018 lalu.

Meski baru saja dillanda bencana, Ekonomi Sulteng tahun 2018, lanjutnya, tetap sanggup tumbuh hingga 6,3 persen. Lebih tinggi di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5,1 persen.

“Kita mendorong tumbuhnya investasi karena investasi adalah salah satu pilar yang berperan penting bagi pertumbuhan ekonomi kita,” ujarnya.

Lewat pameran-pameran produk usaha, baik produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menggunakan bahan baku asli dari Sulteng maupun bahan mentah yang dipamerkan dalam Sulteng Expo 2019 yang berlangsung sejak Selasa malam (9/4) dapat menarik minat investor untuk berinvestasi di Sulteng.

“Semoga kerja sama ekonomi berupa investasi yang terjalin, nantinya dapat membangun kembali perekonomian Sulteng yang inklusif di atas rata-rata nasional dan harapannya bisa kita teruskan hingga masa jabatan pemerintahan periode ini berakhir,” katanya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Sulteng Expo 2019 yang juga Asisten Gubernur Sulteng Bidang Administrasi Pemerintahan, Hukum dan Politik Faisal Mang saat membacakan laporan panitia menjelaskan berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka Sulteng Expo 2019 dan HUT ke-55 Sulteng.

“Ziarah ke TMP (Taman Makam Pahlawan), ziaran ke makam mantan Gubernur Sulteng, lomba penilaian kebersihan instansi di lingkup Pemprov Sulteng, baksos (bakti sosial),”ucapnya.

Selain itu pemberian sembako dan bingkisan kepada pengungsi dan anak-pengungsi korban bencana yang tinggal di hunian-hunian sementara di Palu, Sigi dan Donggala juga menjadi salah satu agenda Pemprov Sulteng selama Sulteng Expo 2019 berlangsung.

Penutupan Sulteng Expo 2019 ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Sekdaprov Hidayat Lamakarate dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sulteng. (muh)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Advertisement

Trending