Connect with us

BUMN

Rini “Groundbreaking” Pembangunan Smelter Grade Alumina Inalum-Antam

Published

on

Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) pada pencanangan pembangunan SGAR di Sungai Kunyit, Mempawah, Kalimantan Barat, Kamis (4/4/2019).

Ekbis.co.id, Mempawah – Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) yang merupakan proyek sinergi BUMN Holding Industri Pertambangan, yakni PT Inalum dan PT Antam.

Dalam sambutannya, Menteri Rini menekankan bahwa hilirisasi produk tambang menjadi penting mengingat selama ini bauksit diekspor dalam bentuk mentah. Sementara itu, Indonesia juga masih mengimpor alumina dari Australia.

“Selama ini bauksit diekspor kemudian pabrik Inalum di Sumatra Utara impor alumina baru. Kalau nanti pabrik Mempawah sudah bisa produksi alumina, kita tidak perlu impor lagi. Produksi bauksit sampai aluminium semua dari Indonesia, kita tidak butuh orang luar lagi,” kata Rini pada pencanangan pembangunan SGAR di Sungai Kunyit, Mempawah, Kalimantan Barat, Kamis (4/4/2019).

Pembangunan proyek SGAR diharapkan bisa meningkatkan nilai tambah produk tambang Indonesia, mengurangi impor alumina, menciptakan lapangan kerja baru, serta berdampak besar bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Pembangunan SGAR Mempawah ini membutuhkan biaya investasi sebesar 850 juta dolar AS dengan proporsi kepemilikan saham 60 persen Inalum dan 40 persen Antam

Pabrik pemurnian grade alumina ini ditargetkan mulai berproduksi pada kuartal-I 2022 dan mampu menyerap tenaga kerja sampai 750 karyawan.

Fasilitas pengolahan ini rencananya memiliki kapasitas produksi sampai 2 juta ton alumina per tahun. Dalam tahap pertama yang ditandai dengan pencanangan pembangunan hari ini, SGAR Mempawah memiliki kapasitas produksi 1 juta ton per tahun dengan kebutuhan bijih bauksit 6 juta wmt per tahun.

Proyek SGAR Mempawah juga diharapkan memenuhi kebutuhan alumina sebagai bahan baku aluminium yang dibutuhkan Inalum sebesar 500.000 ton per tahun.

Ada pun Menteri Rini hadir didampingi Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama Antam Arie Ariotedjo dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang. (mdg)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

BUMN

Komentar Rini soal Tudingan HUT BUMN Kampanye Terselubung

Published

on

Ekbis.co.id, Karawang – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno membantah jika perayaan HUT ke-21 Kementerian BUMN terdapat kampanye terselubung untuk mendukung calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo.

“Enggak ada. Kita seperti gini, maaf ya, sorry ini enggak kampanye terselubung. Apa pun BUMN bisa mencapai sekarang tidak terlepas karena kepemimpinan Presiden Joko Widodo,” kata Menteri Rini usai meresmikan Rumah Kreatif BUMN di Karawang, Jawa Barat, Selasa (9/4/2019).

Rini menjelaskan bahwa selama kepemimpinannya, Presiden Joko Widodo mendorong agar seluruh BUMN di Tanah Air dapat menjalankan bisnis secara profesional, transparan dan lincah.

Ia juga menepis tudingan Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu yang menganggap belakangan ini acara peringatan HUT BUMN digelar secara meriah di beberapa daerah.

Melalui akun twitter @saiddidu, Said Didu menulis “BUMN dan @KemenBUMN akan adakan acara besar2an pada :
1) 7 April di Sidoarjo (ulang tahun bersama walau lahirnya beda2)
2) 10 April berupa BUMN goes to Campus di slrh Indonesia (sesuai data bhw biasanya berisi kampanye teselubung).
Silakan publik menilai apa yg terjadi di BUMN”.

“Kita merasa maaf ya, Pak Said Didu dulunya orang BUMN. Jadi saya enggak ngerti kenapa. Semua orang mengatakan kenapa acara BUMN meriah betul, ya memang kenapa? Karena kita menekankan betul sinergi BUMN,” kata Rini.

Menurut Rini, peringatan HUT Kementerian BUMN ini harus dirasakan oleh seluruh perusahaan, apalagi BUMN berhasil mencetak keuntungan lebih dari Rp200 triliun pada 2018, melebihi angka yang ditargetkan sebesar Rp180 triliun.

Ada pun perayaan HUT BUMN di berbagai daerah dilakukan untuk menjalin sinergi BUMN di wilayah operasi tertentu, misalnya saat perayaan HUT bersamaan dengan peresmian jalan tol Sei Rampah-Tebingtinggi di Medan bersama Jasa Marga, Inalum, PTPN II dan PTPN III.

“Keuntungan kita tadinya target akhir 2018 itu Rp180 triliun, akhir 2018 sekarang setelah ada audit BPK di atas Rp200 triliun. Jadi tentunya enggak ‘fair’ dong kita udah kerja keras jadi boleh seneng-seneng,” ungkap Rini. (mdg)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

BUMN

Deput : Acara Puncak HUT Kementerian BUMN Diundur

Published

on

Menteri BUMN Rini Soemarno menyapa masyarakat dan pegawai BUMN saat Festival Link Acara di Gelora Delata SIdoarjo, Jawa Timur, Minggu (7/4/2019).

Ekbis.co.id, Jakarta – Acara puncak HUT Kementerian BUMN yang sedianya digelar pada 13 April 2019 di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat dipastikan mundur karena berbarengan dengan kampanye Pemilu 2019 di Jakarta.

“Ya (acara HUT Kementerian BUMN) diundur. Tanggal dan tempat pastinya sedang diurus perizinannya,” kata Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno, kepada ANTARA di Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Menurut Harry, selain tanggal, lokasi yang akan dijadikan tempat kegiatan HUT Kementerian BUMN tersebut belum diputuskan apakah dialihkan ke tempat lain atau tetap di Monas dengan tanggal yang berbeda.

Ia mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya tidak ada masalah soal mobilisasi karyawan, karena HUT Kementerian BUMN biasanya dilakukan bersamaan dengan HUT sejumah BUMN yang bertepatan berulang tahun pada bulan April.

“Mobilisasi karyawan untuk menjadi satu big family BUMN kan memang sudah dimulai sejak 2017 dengan motto “One Nation One Vision One Family to Excellence”,” ujarnya.

Jadi tambah Harry, tidak ada yang berbeda dengan acara beberapa tahun lalu, cuma saja kegiatannya belakangan semakin besar.

“Kebetulan saat ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran aplikasi LinkAja, layanan keuangan elektronik berbasis quick response code (QR code) yang merupakan gabungan layanan pembayaran elektronik dari beberapa BUMN,” tegasnya.

Sebelumnya, beredar isu bahwa puncak pelaksanaan HUT Kementerian BUMN akan dipindah ke Gelora Bung Karno (GBK) menjadi tanggal 14 April 2019, atau digelar pada 20 April 2019 tiga hari setelah pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019. (roy)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

BUMN

Menteri BUMN : LinkAja Tidak BolehKalah Bersaing

Published

on

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno.

Ekbis.co.id, Sidoarjo – Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno menyatakan, LinkAja yang merupakan layanan keuangan elektronik hasil sinergi berbagai BUMN, tidak boleh kalah bersaing dengan aplikasi layanan keuangan elektronik lain yang sudah beredar di tengah masyarakat.

“LinkAja adalah sistem pembayaran elektronik yang dikeluarkan Himbara (Himpunan Bank Milik Negara). LinkAja tidak boleh kalah,” kata Rini Soemarno dalam acara Festival LinkAja yang merupakan rangkaian HUT ke-21 Kementerian BUMN yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu pagi (7/4/2019).

Menurut dia, awalnya LinkAja menyasar pegawai BUMN dan diharapkan juga bisa menyebar dan digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat Nusantara.

LinkAja, lanjutnya, juga menitikberatkan pada generasi milenial yang dinilai lebih mudah dalam menyerap beragam kemajuan teknologi yang terus termutakhirkan dengan cepat.

Pada saat ini diperkirakan sudah mencapai hingga sekitar 25 juta aplikasi LinkAja yang telah diunduh oleh para penggunanya.

Ketika ditanyakan mengenai masih adanya sejumlah keluhan terkait penggunaan LinkAja, ia menyatakan bahwa aplikasi tersebut akan terus dibenahi untuk meningkatkan kualitas layanannya.

LinkAja adalah layanan keuangan elektronik berbasis quick response code (QR code) yang merupakan gabungan layanan pembayaran elektronik dari beberapa badan usaha milik negara (BUMN).

Dalam kata sambutan sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan keuntungan seluruh BUMN secara total per tahun telah lebih dari Rp200 triliun, meningkat pesat dari ketika pertama dirinya dilantik memimpin Kementerian BUMN pada 2014.

“Saat pertama ditunjuk sebagai Menteri BUMN, keuntungan BUMN Rp143 triliun.. dengan kerja keras berbagai BUMN, sekarang 2018 untungnya di atas Rp200 triliun, jadi terima kasih semua,” kata Rini Soemarno saat di dalam stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Menurut Rini, tidak mungkin seluruh BUMN bisa mencapai jumlah keuntungan yang sangat besar tersebut kalau bukan karena kerja keras dari berbagai BUMN.

Selain itu, ujar dia, sinergi BUMN juga dinilai telah betul-betul membantu sehingga bila dahulu ada BUMN yang kinerjanya kurang bagus, maka dengan sinergi BUMN, hal tersebut betul-betul membantu.

“Kita semua keluarga besar BUMN, karena itu harus selalu bersatu dan selalu saling menjaga,” ujarnya.

Rini juga mengutarakan harapannya agar keuntungan total BUMN bisa mencapai lebih dari Rp500 triliun dan hal itu dinilai juga menjadi tanggung jawab dari generasi milenial mendatang.

Kegiatan perayaan HUT BUMN yang berlangsung di Gelora Delta Sidoarjo itu rencananya akan berlangsung hingga siang hari ini, juga dihadiri oleh sejumlah pesohor seperti dipandu oleh komedian Cak Lontong dan band musik pop Armada. (mrr)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Advertisement

Trending