Connect with us

SUMATERA

Sumatera Selatan Lepas Ekspor Komoditas Pertanian ke Empat Negara

Published

on

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru melepas ekspor komoditas pertanian yaitu karet, kelapa bulat, dan kopi ke empat negara di Pelabuhan Boom Baru, Palembang, Jumat (15/3/2019).

Ekbis.co.id, Palembang – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru melepas ekspor komoditas pertanian yaitu karet, kelapa bulat, dan kopi ke empat negara di Pelabuhan Boom Baru, Palembang, Jumat (15/3/2019).

Komoditas itu terdiri atas karet 1.108 ton dengan nilai Rp21.687.149.260 yang dikirim ke Jepang dan Finlandia, kemudian buah kelapa bulat sebanyak 500 ton Rp1.330.000.000 ke China, dan kopi sebanyak 210 ton dengan nilai Rp4.224.780.000 ke Inggris, sehingga total nilai ekspor mencapai Rp21.687.149.260.

Herman Deru mengatakan pelepasan ekspor ini menjadi momentum bagi Sumatera Selatan untuk semakin menguatkan komitmen untuk menambah nilai tambah komoditas pertanian.

Pelepasan ekspor komoditas pertanian ini diharapkan menjadi titik tolak untuk senantiasa peduli pada peningkatan kesejahteraan petan, mengingat angka kemiskinan Sumsel masih dua digit yakni 12,80 persen (di atas rata-rata nasional).

“Hari ini menjadi peristiwa penting bagi Sumsel, bagaimana semua pihak harus berpikir menjadi sejahtera melalui komoditas,” kata dia.

Pada kesempatan itu juga diserahkan sertifikat kesehatan tumbuhan kepada PT Suryo Indo Cocos, PT Hevea Muara Klingi dan PT Budi Wahana.

Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Ali Jamil mengatakan ekspor komoditas pertanian ini menjadi fokus pemerintah karena memberikan sumbangan yang besar terhadap devisa negara. Negara berkeinginan menekan defisit neraca perdagangan lantaran lebih banyak impor dibandingkan ekspor.

Ia mengatakan sebenarnya ekspor tiga produk pertanian ini sudah berjalan di Sumsel, hanya saja Presiden mengharapkan ekspor pertanian ini lebih digalakkan lagi. Hal ini terkait dengan cita-cita ingin menjadi lumbung pangan dunia 2020.

“Bagaimana kita bisa membidik dan memberikan makan negara lain jika tidak diekspor, jadi ekspor ini harus digalakkan,” kata dia.

Sejauh ini, pemerintah telah meluncurkan program Ayo Galakkan Ekspor, Generasi Millenial Bangsa #agrogemilang2019 untuk memacu pertumbuhan ekspor di dalam negeri.

Terkait ini, Balai Karantina Pertanian memastikan komoditas ekspor ini memenuhi persyaratan di negara tujuan sehingga tidak mengalami penolakan.

Berdasarkan sistem aplikasi perkarantinaan 2018 tercatat ekspor Sumsel untuk karet sebanyak 249.000 ton dengan nilai Rp3,9 triliun, kelapa bulat sebanyak 129.001 ton dengan nilai Rp245.101.901.900, kopi sebanyak 2.195 ton dengan nilai Rp39.507.458.400. (dol)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

SUMATERA

BNI Makassar Siapkan Uang Receh Sambut Lebaran

Published

on

Pemimpin BNI Wilayah Makassar Faisal Setiawan.

Ekbis.co.id, Makassar – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Makassar menyiapkan uang tunai pecahan kecil untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut dan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pemimpin BNI Wilayah Makassar Faisal Setiawan di Makassar, Kamis (23/5/2019), mengatakan layanan penukaran uang sudah dibuka di semua kantor kas, cabang, maupun cabang pembantu.

“Kalau dulu-dulunya ada waktu tertentu dan di tempat tertentu juga penukarannya, kali ini bisa dilakukan di semua kantor BNI. Bisa ke kantor kas, kantor cabang atau cabang pembantu, semuanya akan dilayani,” ujarnya.

Dia menjelaskan uang dalam pecahan kecil akan tetap tersedia, mulai dari Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000 dan Rp20.000. Semuanya telah disiapkan dan di kantor BNI.

Ia mengatakan uang pecahan kecil yang disiapkan itu adalah bagian dari jumlah Rp2,05 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Wilayah Makassar yang meliputi empat provinsi yakni, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Barat (Sulbar), Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Maluku.

“Insya Allah mencukupi dan ini sudah didistribusikan ke Wilayah Makassar yang meliputi empat provinsi itu. Kapan pun bisa datang menukarkan,” katanya.

Faisal memprediksi penarikan uang tunai pecahan kecil ini akan terlihat ramai jelang lebaran. Dan biasanya nasabah mulai berbondong-bondong melakukan penarikan setelah menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dari kantor masing-masing.

“Kami bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) untuk menyediakan uang recehan bagi nasabah jelang lebaran nanti,” katanya.

Selain itu, ia menyatakan jika BNI Makassar tetap beroperasi dan membuka layanan terbatas selama cuti bersama lebaran tahun ini. Pihaknya meminta nasabah tidak khawatir karena pihaknya hanya tidak beroperasi pada saat hari lebaran pertama.

“Jadi kami hanya satu hari tidak beroperasi yakni pada lebaran pertama. Kita sudah mempersiapkan hal itu dan sudah menyampaikan ke seluruh pegawai,” jelasnya. (muh)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SUMATERA

Penukaran Uang Pecahan Kecil di Sumbar Capai Rp2 Triliun

Published

on

BI perwakilan Sumatera Barat mencatat penukaran uang pecahan kecil untuk kebutuhan Lebaran hingga pekan kedua Ramadhan 1440 Hijriah telah mencapai Rp2 triliun.

Ekbis.co.id, Padang – Bank Indonesia (BI) perwakilan Sumatera Barat mencatat penukaran uang pecahan kecil untuk kebutuhan Lebaran hingga pekan kedua Ramadhan 1440 Hijriah telah mencapai Rp2 triliun.

“Jumlah tersebut termasuk penukaran oleh perbankan, penukaran di tujuh lokasi di Padang dan 12 lokasi di luar Padang sejak 7 Mei 2019,” kata Kepala BI perwakilan Sumbar Wahyu Purnama di Padang, Kamis (22/5/2019).

Ia menyebutkan BI perwakilan Sumatera Barat menyiapkan uang baru senilai Rp4,6 triliun dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pada tahun ini waktu penukaran lebih awal yaitu sejak 7 Mei 2019 atau hari kedua Ramadhan hingga 29 Mei 2019.

Selain itu lokasi juga diperluas dibanding tahun lalu termasuk di luar Padang.

Ia memastikan stok uang disediakan cukup sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

“Oleh sebab itu mari tukarkan di tempat resmi, jangan di pinggir jalan karena berisiko ada uang palsu,” kata dia.

Wahyu mengakui pada dua pekan pertama memang penukaran belum terlalu banyak karena Tunjangan Hari Raya belum cair, namun menjelang akhir biasanya akan ramai.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah Bank Indonesia perwakilan Sumatera Barat bersama perbankan mulai membuka layanan penukaran uang kecil pada 7 Mei hingga 29 Mei 2019.

Di Padang layanan dibuka di di Pasar Siteba pada 7 Mei 2019 , Pasar Lubuk Buaya pada 9 Mei 2019 Pasar Gaung 14 Mei 2019 , Masjid Baitul Makmur Belimbing 16 Mei 2019 Kampus UPI Lubuk Begalung 21 Mei 2019, Kampus BRI Pasar Baru 23 Mei 2019 dan Masjid Raya Sumbar 27 Mei sampai 29 Mei 2019 pukul 08.30 WIB sampai 12.00 WIB.

Sedangkan di luar Padang di Pelataran parkir BRI Sijunjung, Gedung GPK Sawahlunto, Pelataran parkir BRI Pulau Punjung, Dharmasraya dan Pelataran parkir BRI Sei Rumbai, Dharmasraya pada 11 Mei 2019 .

Selanjutnya di pelataran parkir Balaikota Pariaman, pelataran parkir Kantor Bupati Pasaman Barat, pelataran parkir Kantor Bupati Pesisir Selatan dan area halaman Penginapan Bagus, Tapan, Pesisir Selatan pada 18 Mei 2019.

Berikutnya, Taman Kota Padang Panjang, Lapangan Cindua Mato, Batusangkar, Lapangan Kantin, Bukittinggi dan pelataran parkir Kantor Bupati Lama, Payakumbuh pada 25 Mei 2019 pukul 08.30 WIB sampai 12.00 WIB.

Terkait cara penukaran, Wahyu menyampaikan layanan penukaran hanya melayani penukaran dari pecahan besar ke pecahan kecil dan pecahan yang diterima adalah Rp100.000 dan Rp50.000.
Uang pecahan kecil yang disediakan untuk penukaran adalah Rp20.000, Rp10.000 Rp5.000 dan Rp2.000. (ikh)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SUMATERA

Pegadaian Palembang Prediksi Nilai Tebusan Tembus Rp17 Miliar

Published

on

Pemimpin Pegadaian Cabang Palembang, Nofal Hadirani.

Ekbis.co.id, Palembang – PT Pegadaian (Persero) Cabang Palembang memprediksi nilai tebusan barang pada musim Lebaran 2019 mencapai Rp17 Miliar dan akan memasuki puncaknya pada H-6 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pemimpin Pegadaian Cabang Palembang, Nofal Hadirani, Selasa (21/5/2019), mengatakan fenomena tebus barang memang selalu lebih tinggi menjelang lebaran akibat terdorong tingginya jumlah gadai pada awal Ramadhan.

“Periode dua minggu pertama Ramadhan biasanya nasabah menggadaikan barang untuk keperluan usaha musiman, lalu periode minggu kedua nasabah ramai-ramai menebus kembali barangnya,” ujar Nofal Hadirani kepada Antara.

Selain penebusan oleh pengusaha musiman, fenomena tebus barang gadai juga biasanya dipicu oleh cairnya Tunjangan Hari Raya (THR) para pegawai negeri yang ingin mengambil kembali barang gadainya seperti emas untuk digunakan pada saat lebaran mendatang.

Barang terbanyak di tebus menjelang lebaran masih didominasi oleh perhiasan emas dengan kisaran 95 persen. Ia menyebut proporsi antara tebus dan gadai menjelang lebaran berkisar 70 berbanding 30.

“Tahun ini kemungkinan selisih gadai dan tebus sekitar Rp5 miliar, jumlah gadai rata-rata per bulan mencapai Rp12 miliar, artinya dana masuk untuk tebusan kira-kira Rp17 miliar,” jelas Nofal.

Pada periode Januari – awal Ramadhan 2018 (awal Mei) realisasi Sisa Pinjaman (Out Standing Loan) nilainya mencapai Rp80 miliar, sedangkan pada 2019 diproyeksikan meningkat 12,5 persen menjadi Rp90 miliar untuk periode yang sama.

Ia menambahkan PT Pegadaian Cabang Palembang saat ini memiliki 19.000 nasabah, sebagian besar merupakan pengusaha kecil dan pegawai pemerintahan.

Sementara guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat mengantisipasi selama Ramadhan dan lebaran, pegadaian menyediakan transaksi non-tunai berupa transfer biaya tebus lewat bank. (ziz)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Advertisement

Trending