Connect with us

INFRASTRUKTUR

Begini Cara Pelabuhan Indonesia II Hindari PHK Akibat Revolusi Industri 4.0

Published

on

Revolusi Industri 4.0 tidak akan menimbulkan pemutusan hubungan kerja (PHK) jika perusahaan mampu beradaptasi dengan menyiapkan sumber daya manusianya.

Ekbis.co.id, Jakarta – Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II atau IPC Elvyn G Masassya menilai Revolusi Industri 4.0 tidak akan menimbulkan pemutusan hubungan kerja (PHK) jika perusahaan mampu beradaptasi dengan menyiapkan sumber daya manusianya.

“Kami sebagai korporasi harus menghirup semangat zaman itu dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yakni para karyawan untuk beradaptasi,” tutur Elvyn kepada Antara di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Dia menjelaskan bahwa cara menyiapkan SDM perusahaan untuk beradaptasi dengan Revolusi Industri 4.0 yakni pertama menyiapkan kultur digital, kemudian skill, lalu pembekalan pengetahuan untuk bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan berbasis digital.

“Jadi manusianya pun harus mentransformasi diri untuk menyambut era digital. Kalau itu bisa dilakukan dengan baik maka tidak akan ada yang namanya PHK, yang terjadi adalah alih tugas dari sebelumnya mengerjakan tugas A menjadi mengerjakan tugas B dengan skill yang kita berikan,” tutur Elvyn wawancara yang berlangsung santai.

Dirut IPC tersebut yakin dan optimistis bahwa dengan mengadopsi langkah-langkah tersebut, pihaknya bisa menjadi perintis dalam mengimplementasikan konsep pelabuhan digital atau digital port di Indonesia.

IPC sejak beberapa tahun terakhir sudah mencanangkan diri untuk menjadi digital port, di mana segala sesuatu yang terkait dengan proses bisnis sudah dikonversi menjadi digital baik dalam aspek operasional, keuangan, maupun aspek-aspek lainnya.

Tidak tanggung-tanggung, IPC menganggarkan Rp1 triliun untuk pembiayaan hingga 2020 guna mewujudkan digital port mulai dari sisi laut, terminal dan kegiatan pendukung lainnya.

Hal tersebut tidak terlepas dari rencana IPC yang semakin optimistis untuk menjadi pelabuhan kelas dunia, dengan terus melakukan peningkatan dan pengembangan, termasuk dengan melakukan digitalisasi di semua aspek.

Selain itu upaya digitalisasi ini penting, terutama di Pelabuhan Tanjung Priok sebagai salah satu wilayah operasi IPC yang menyumbang 70 persen kegiatan ekspor impor di Indonesia. (aji)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

INFRASTRUKTUR

Pelindo Benahi Terminal Pemberangkatan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Published

on

CEO PT Pelindo III Regional Kalimantan Boy Robyanto (tengah) usai memberikan keterangan tentang persiapan Pelindo menyambut arus mudik Lebaran Idul Fitri 1440 hijriah.

Ekbis.co.id, Banjarmasin – PT Pelindo III Banjarmasin, Kalimantan Selatan, membenahi terminal keberangkatan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang akan mudik Lebaran tahun ini ke berbagai daerah.

CEO PT Pelindo III Regional Kalimantan Boy Robyanto di Banjarmasin Kamis (23/5/2019), mengatakan saat ini terminal keberangkatan penumpang sudah mampu menampung pemudik hingga seribu orang lebih.

“Rata-rata saat ini penumpang kapal sekitar 750 orang per hari, sehingga terminal penumpang yang kami siapkan masih sangat memadai,” katanya.

Fasilitas lainnya yang juga dibenahi adalah, fasilitas kamar mandi atau WC, kemudian kesehatan, pusat informasi, ambulan dan lainnya.

Apalagi tambah dia, sejak Rabu (22/5) KSOP telah mengoperasikan Posko arus mudik angkutan laut, untuk membantu para penumpang yang mengalami kesulitan.

Boy berharap kendati saat ini fasilitas pelabuhan sudah cukup memadai, namun penumpang harus tetap menjaga kesehatan, sehingga perjalanan menjadi lebih lancar.

Selain itu, dia juga mengimbau agar penumpang datang sekitar empat jam sebelum jadwal keberangkatan kapal, sehingga tidak terlalu lama menunggu di ruang tunggu pelabuhan.

“Banyak penumpang yang datang, dua hari sebelum kapal berangkat, sehingga harus tidur di pelabuhan, hal itu bisa mengganggu kesehatan dan kenyamanan dirinya,” katanya.

Menurut dia, saat ini arus penumpang kapal laut, sudah mulai terjadi peningkatan, dari biasanya sekitar 200 penumpang, kini mencapai 750 orang penumpang lebih.

Namun demikian, tambah dia, kenaikan penumpang tersebut masih bisa diatasi dengan tersedianya kapal penumpang yang ada saat ini.

Saat ini, kapal yang siap mengangkut penumpang sebanyak 8-9 unit, tiga di antaranya milik PT Dharma Lautan berkapasitas besar.

Sebelumnya, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banjarmasin menyiapkan tiga Kapal Negara berkapasitas 150 penumpang sebagai cadangan untuk mengangkut arus mudik ke berbagai daerah di Jawa.

Kepala KSOP Kelas 1 Banjarmasin, Bambang Gunawan Rabu mengatakan, dari tiga kapal cadangan tersebut dua kapal milik Navigasi Banjarmasin dan satu kapal milik KPLP Surabaya.

Kapal-kapal tersebut, akan beroperasi apabila kapal Roro tidak mampu mengangkut penumpang yang ada di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

“Ketiga kapal yang terdiri dari dua unit milik Navigasi dan satu unit milik Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) tersebut akan kami operasikan, apabila kapal Roro tidak mampu lagi mengangkut penumpang di Pelabuhan Trisakti,” katanya. (lul)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

INFRASTRUKTUR

Saham Turun, Perusahaan Sandi Mau Buy Back Rp 110 M

Published

on

Calon Wakil Presiden RI nomor urut 2 Sandiaga Uno.

Ekbis.co.id, Jakarta – PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) berencana melakukan aksi korporasi dengan membeli kembali (buy back) saham perusahaan. Tujuannya untuk mendorong kembalu harga saham perusahaan.

Manajemen menilai harga saham SRTG di pasar modal tidak mencerminkan harga wajar perusahaan. Sehingga aksi korporasi itu perlu dilakukan.

Selain itu, aksi buy back saham itu juga dilakukan demi menjaga investasi jangka panjang karyawannya. Sebab perusahaan besutan Sandiaga Uno itu memiliki program memberikan saham perusahaan untuk karyawannya. (*)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

INFRASTRUKTUR

Tiket Pesawat Mahal Menggerus Pendapatan AP I Hingga Rp300 Miliar

Published

on

Tiket pesawat yang dianggap masih mahal oleh masyarakat menyebabkan pengguna pesawat berkurang hingga berdampak terhadap penurunan jumlah penumpang.

Ekbis.co.id, Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) I mengakui tiket pesawat yang dianggap masih mahal oleh masyarakat menyebabkan pengguna pesawat berkurang hingga berdampak terhadap penurunan jumlah penumpang. Untuk kemudian menggerus pendapatan pengelola bandara yakni PT Angkasa Pura I atau AP I.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, pihaknya kehilangan pendapatan mencapai Rp300 miliar sejak awal tahun hingga Mei 2019. “Jadi penurunan traffic sampai dengan Meisekitar 15-20% penurunannya dibandingkan tahun lalu. Dampak terhadap finansial, hitungan kita kemarin sampai dengan bulan Mei sekitar Rp300 miliar dari awal tahun,” ujar Faik di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Dia pun berharap, jumlah pengguna pesawat bisa kembali meningkat dengan demikian pendapatan perusahaan bisa membaik. “Nah tapi ini mudah-mudahan bisa kita recovery di periode berikutnya. Jadi dampak secara langsung Rp300 miliar, “jelasnya.

Untuk itu, perseroan membagi penerbangan tambahan pada Lebaran 2019 ini di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dan Bandara Adisutjipto. Salah satunya akan memindahkan sebagian penerbangan tambahan (extra flight) ke bandara baru tersebut. “Walaupun belum 100% sudah mulai dimanfaatkan penambahan kapasitas di Yogyakarta,” katanya.

Bandara Internasional Yogyakarta (New Yogya) sendiri dipastikan siap menghadapi masa arus mudik Lebaran 2019. YIA merupakan salah satu bandara dengan spesifikasi landas pacu terbaik di Indonesia, dimana Bandara ini memiliki fasilitas sisi udara (airside) yang sudah siap 100 persen, dengan panjang landas pacu 3.250 meter, lebar 45 meter, dan shoulder (bahu runway) 15 meter di setiap sisi.

Spefisikasi runway ini mampu didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300 dan Airbus A380. Adapun fasilitas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) di YIA masuk ke dalam kategori 8. (*)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Advertisement

Trending