Connect with us

UKM

Mulai 2019, Alibaba Bantu Tingkatkan Produktivitas Industri Kecil Menengah Indonesia

Published

on

Direktur Jenderal IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih.

Ekbis.co.id, Jakarta – Perusahaan multinasional asal China Alibaba bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian akan membina Industri Kecil Menengah (IKM) di Indonesia mulai tahun 2019.

“Kemarin Alibaba datang ke kami. Mereka menyatakan mau membantu industri kecil menengah di Indonesia yang sudah ikut program e-Smart untuk meningkatkan kualitasnya,” kata Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Senin (22/10/2018).

Menurut Gati, Alibaba akan menyediakan instruktur untuk membina IKM dari berbagai bidang unggulan asal Indonesia agar meningkatkan produktivitas dan kualitas.

Selain itu, Alibaba akan memberi pembinaan soal memanfaatkan teknologi digital untuk menjalankan bisnis hingga meraup keuntungan maksimal.

“Kalau namanya IKM kan digitalnya agak sulit. Nah, mereka mau bina yang soal digitalnya,” tukas Gati.

Ke depan, rencananya produk IKM asal Tanah Air juga akan dijajakan di pasar dagang elektronik milik Alibaba.

“Awalnya pembinaan, nantinya bisa ada di Alibaba. Kalau lihat Alibaba kan b to b (business to business), memang harus besar barangnya, kalau kecil ya tidak bisa,” ungkap Gati.

Alibaba tertarik untuk membina IKM binaan Kemenperin karena dinilai telah terorganisir dengan baik melalui Program e-Smart IKM. (spg)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

UKM

Surveyor Indonesia Dorong Pengembangan IKM di Bali

Published

on

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia (Persero), Dian M.Noer, meresmikan perluasan kantor layanan Surveyor Indonesia di Bali, (22/4/2019).

Ekbis.co.id, Jakarta – PT Surveyor Indonesia (Persero) mendorong pengembangan potensi industri kecil dan menengah (IKM) di Provinsi Bali sebagai langkah manajemen dalam memberikan pelayanan prima kepada mitra agar produk ekspor dari wilayah itu memenuhi standar mutu dan keamanan.

Pengembangan IKM di Bali sejalan dengan program pemerintah meningkatkan devisa dari ekspor, di mana saat ini Provinsi Bali memacu peningkatan pertumbuhan industri berorientasi ekspor terutama produk makanan, minuman dan kerajinan.

“Di sinilah peran Surveyor Indonesia sebagai BUMN berpartisipasi menjadi mitra pemerintah, IKM, dan industri berorientasi ekspor di Provinsi Bali untuk melayani pengelolaan sistem manajemen mutu, sistem manajemen keamanan pangan, dan food packaging berdasarkan IDO 9001, ISO 22000 dan good manufacturing practices (GMP), ” kata Direktur Utama PT Surveyor Indonesia (Persero), Dian M.Noer dalam siaran pers di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Pada kesempatan itu, Dian meresmikan kantor Surveyor Indonesia di Bali yang merupakan perluasan wilayah kerja Surveyor Cabang Surabaya.

Ia menjelaskan, potensi IKM di Bali sangat besar untuk dikembangkan menuju ekspor, hanya saja masih perlu pembenahan terutama tidak adanya sistem manajemen mutu, sistem manajemen keamanan pangan, good manufacturing practice (GMP) dan good packaging yang memenuhi standar.

Sementara itu, Direktur Komersial 2 Surveyor Indonesia, Darwin Abas mengatakan, Surveyor Indonesia, akan menyediakan aplikasi berbasis IT bagi industri dan IKM Bali untuk mengelola sistem manajemen tersebut.

Selanjutnya, menyediakan tenaga ahli konsultan sistem manajemen, training center dan membantu pemasaran produk melalui aplikasi e-commerce bagi IKM yang sudah disertifikasi oleh Surveyor Indonesia.

Sejumlah mitra Surveyor sesama BUMN di Bali antara lain, PT PLN (Persero). PT Pelindo 3 (Persero), PT Angkasa Pura 1, PT Telkom dan ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) untuk kegiatan inspeksi, sertifikasi dan konsultasi.

Surveyor Indonesia wilayah Bali ini juga sudah menjadi mitra dinas-dinas di lingkungan pemerintahan provinsi, kabupaten/kota di Bali terkait kegiatan konsultasi dan survey sejak tahun 2004.

“Surveyor Indonesia akan meningkatkan kerja sama dengan pemerintah daerah, menggali potensi proyek dan bisnis melalui kerjasama dan sinergi BUMN. Yang terpenting tentu saja meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan dan menjaga kualitas delivery,” tegas Darwin.

Surveyor Indonesia adalah BUMN yang memiliki visi sebagai perusahaan pemberi jaminan kepastian yang tidak memihak dalam setiap transaksi (independent assurance).

“Pengalaman kami melayani pasar jasa tersebut selama ini menjadi kekuatan utama yang didukung oleh sumber daya manusia yang kuat dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan,” katanya.

Empat fokus layanan Surveyor yaitu penguatan institusi kelembagaan, infrastruktur, mineral dan batubara, serta migas dan sistem pembangkit. (roy)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

UKM

Puluhan Perajin Asal Purbalingga Bakal Ikuti Inacraf 2019 di Jakarta

Published

on

22 perajin dari berbagai wilayah di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, bakal mengikuti "The 21st Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2019)".

Ekbis.co.id, Purbalingga – Sebanyak 22 perajin dari berbagai wilayah di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, bakal mengikuti “The 21st Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2019)” yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 24-28 April.

“Kami akan menyewa dua stan untuk memamerkan produk-produk kerajinan Purbalingga seperti wayang suket, miniatur patung Jenderal Soedirman dan berbagai kerajinan kayu jati dari Desa Majatengah,” kata Kepala Bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Purbalingga Adi Purwanto di Purbalingga, Senin (22/4/2019).

Ia mengatakan stan Kabupaten Purbalingga juga akan menampilkan kerajinan tempurung kelapa dari Kajongan dan Purbalingga Wetan, kerajinan kayu dari Desa Serang dan Kelurahan Kandanggampang, serta tas dan dompet berbahan kain tenun dari Desa Tumanggal.

Menurut dia, kerajinan lainnya yang akan ditampilkan di stan Purbalingga berupa aneka kerajinan rajut dan tas sulam pita serta batik motif wayang suket dan lawa dari Desa Gambarsari, Pekuncen dan Mrebet.

“Dalam pameran yang rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo, keikutsertaan 22 pengrajin asal Purbalingga di samping untuk mempromosikan produk juga dalam rangka membangun relasi dan jejaring dengan konsumen,” katanya.

Lebih lanjut Adi mengatakan Inacraft merupakan pameran kerajinan terbesar di Indonesia dan menjadi barometer kerajinan tingkat nasional maupun internasional.

Dengan demikian, kata dia, keikutsertaan perajin asal Purbalingga dalam kegiatan tersebut dapat meningkatkan promosi yang berdampak pada peningkatan ekonomi khususnya bagi para perajinnya.

Menurut dia, pameran Inacraft 2019 mengusung tema “Jakarta Enjoyable Multicultural Diversities” yang sejalan dengan keberadaan Jakarta sebagai kota multi-etnis yang telah berbaur menjadi satu sehingga banyak dikunjungi orang dari berbagai daerah. “Jakarta juga pusat bisnis yang menjadi barometer bagi daerah lain di Indonesia,” katanya.

Terkait dengan kesiapan 22 pengrajin asal Purbalingga untuk mengikuti pameran Inacraft 2019, dia mengatakan hal itu sudah disiapkan dengan matang sejak satu bulan lalu.

Bahkan, kata dia, desain stan Purbalingga akan dibuat sedemikian rupa dengan harapan mampu menarik minat pengunjung untuk singgah dan melakukan transaksi bisnis. (sum)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

UKM

Peringati Hari Kartini, Pertamina Bantu Modal Perempuan Pemilik UMKM

Published

on

Tim Pertamina MOR I berfoto bersama dengan dua pengusaha UMKM perempuan yang mendapat bantuan modal usaha.

Ekbis.co.id, Medan – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Sumatera bagian utara (Sumbagut) menyalurkan dana modal untuk perempuan pemilik usaha mikro, kecil dan menengah senilai Rp275 juta, dalam rangka memperingati Hari Kartini.

“Penyaluran dana PK (Program Kemitraan) senilai Rp275 juta yang dilakukan pada momentum peringatan Hari Kartini sebagai bukti komitmen perusahaan terhadap kemajuan usaha wanita,” ujar Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR I, M Roby Hervindo di Medan, Minggu (21/4/2019).

Dia mengatakan itu usai memberikan apresiasi kepada pengemudi wanita dan pemberian bantuan dana modal bergulir secara simbolis yang diterima antara lain pemilik usaha minuman kemasan Tophtea, Desi di peringatan Hari Kartini di SPBU Pertamina Yos Sudarso Medan.

Menurut Roby Hervindo, di wilayah Sumut, 36 persen dari 128 mitra pelaku UMKM binaan Pertamina adalah perempuan.

Penyaluran dana pinjaman untuk mitra binaan perempuan yang dilakukan sejak tahun 2016 sudah senilai Rp2,8 miliar.

Sementara pada Januari hingga April 2019, Pertamina sudah menyalurkan modal bergulir sebesar Rp575 juta.

“Total penyaluran PK di Sumut sendiri selama 2016-2019 sudah mencapai Rp8,4 miliar,” katanya.

Desi, pemilik usaha Tophtea yang menjadi mitra binaan Pertamina sejak 2017 mengaku sangat terbantu dengan dana bergulir Pertamina itu.

“Usaha saya awalnya sangat sulit karena persaingan ketat dan lainnya, tetapi saya terus berjuang dan berkat bantuaan dana dan bimbingan lain Pertamina juga, usaha mulai membuahkan hasil,” katanya.

Manager Retail Fuel Marketing Pertamina MOR I, Rama Suhut menjelaskan apresiasi bagi pelanggan perempuan di Hari Kartini berlaku di 21 SPBU kota Medan.

Apresiasi berupa pemberian suvenir dan diskon BBM dengan beberapa ketentuan berlaku pada tanggal 21-22 April 2019.

Pengemudi kendaraan roda empat, Dian (25) mengaku terkejut dan gembira mendapat kejutan dari Pertamina.

“Saya tahu Hari Kartini, tetapi tidak menyangka dapat apresiasi seperti ini,” kata Dian yang mengaku kerap memilih SPBU Coco Pertamina untuk tempat mengisi BBM. (eva)


Media Ekbis menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiekbis@gmail.com, dan redaksi@ekbis.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Advertisement

Trending